Penjumlahan Pecahan Materi Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Assalamualaikum,,, Apa kabarnya nih teman-teman pembaca setia Bosfatian? Mudah-mudahan kabarnya selalu baik. Oh ya, hari ini adalah hari pertama Bosfatian menulis artikel dalam Blog ini. Artikel yang akan Bosfatian sajikan berkenaan dengan Pelajaran Matematika yakni “Penjumlahan Pecahan”.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa penjumlahan pecahan merupakan salah satu materi yang terdapat pada pelajaran matematika di kelas 5 SD pada kurikulum 2013. Dimana, materi tentang penjumlahan pecahan ini ada pada Bab 1 yaitu pada Operasi Hitung Pecahan (Dalam Buku Senang Belajar MATEMATIKA untuk SD/MI kelas V Kurikulum 2013 Versi 2018.

Namun sebelum membahas ke penjumlahan pecahan, kita ulas jenis-jenis pecahan  terlebih dahulu. Dimana jenis pecahan itu terdiri dari pecahan biasa yang terdiri dari pembilang dan penyebut; pecahan campuran yang terdiri dari bilangan bulat, pembilang dan penyebut; pecahan desimal yang ditandai dengan koma; persen yakni perseratus; dan permil yakni perseribu.

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita seringkali dihadapkan dengan suatu hal yang berhubungan dengan penjumlahan pecahan. Misalnya saja seperti halnya ilustrasi di bawah ini.

Contoh Soal Penjumlahan 1
Fatian membawa buah semangka 4/6 bagian. Firyal membawa semangka 2/6 bagian. Keduanya kemudian menggabungkan buah semangka yang mereka bawa. Jika kedua bagian semangka itu digabungkan, bisakah kamu menyebutkan pecahan dari gabungan buah semangka tersebut?
Penjumlahan Pecahan Materi Matematika Kelas 3 SD Kurikulum 2013

Pembahasan: 
Untuk menggabungkan kedua bagian semangka tersebut, tentunya kita harus menggunakan operasi hitung penjumlahan pecahan. Operasi hitungnya adalah 4/6 + 2/6.
Pada operasi hitung 4/6 + 2/6 penyebutnya sama yakni 6. Sehingga, kita hanya menjumlahkan pembilangnya saja yakni 4 + 2, sementara penyebutnya tetap sama yakni 6.
Hasil dari 4 + 2 = 6 (pembilang)
Jadi, jika digabungkan bagian semangka milik Fatian dan Firyal adalah 6/6 = 1.

Contoh Soal Penjumlahan 2
Hasil dari 2/3 + 1/4 adalah ….

Pembahasan:
Penyebut kedua pecahan itu berbeda, sehingga hal yang perlu kita lakukan adalah menyamakan terlebih dahulu penyebutnya dengan menggunakan KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil.
Mencari KPK dari 3 dan 4.
- Kelipatan 3 yaitu 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, ...
- Kelipatan 4 yaitu 4, 8, 12, 16, 20, 24, ...
KPK dari 3 dan 4 yaitu 12.

Jadi, penyelesaian mencari hasil 2/3 + ¼ yaitu

Nah, bagaimana mudahkan teman dalam menjumlahkan pecahan itu? 

Untuk selanjutnya, supaya teman-teman lebih memahami materi penjumlahan pecahan. Teman-teman silahkan kerjakan beberapa soal berikut ini dengan benar! 

Silahkan teman-teman siapkan dulu catatannya!

Latihan 1
1. Chaca makan kue 3/8 bagian, sementara Marisa makan kue 1/2 bagian. Jika digabungkan bagian kue yang dimakan Chaca dan Marisa. Dapatkan kamu menyebutkan pecahan dari gabungan kue tersebut?
Jawab: ……………………………………………………………

Latihan 2
1. Hasil dari 1/5 + 2/3 adalah ….
2. Hasil dari 5/20 + 7/20 adalah ….
3. Hasil dari 2/5 + 1/3 adalah ….
4. Hasil dari 2/6 + 3/5 adalah ….
5. Hasil dari 4/6 + 2/7 adalah ….

Itulah yang dapat Bosfatian sajikan untuk mengawali penulisan artikel dalam Blog ini. Mudah-mudahan saja Bahan Pembelajaran tentang Penjumlahan Pecahan Dalam Matematika Kelas 5 SD pada Kurikulum 2013 tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan Memahami Bangun Ruang Balok

Contoh Soal Perkalian Pecahan dan Pembahasannya